jogjaitpartner.com - penjelasan mengenai jurnal ilmiah

Panduan Mengenai Jurnal Ilmiah – Seperti yang kita ketahui jurnal merupakan suatu sarana publikasi yang berisi pembahasan khusus yang ditargetkan untuk sekelompok orang tertentu, seperti siswa, mahasiswa, dan lain-lain. Sedangkan, ilmiah sendiri merupakan segala sesuatu yang bersifat keilmuan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan atau memenuhi syarat dan kaidah ilmu pengetahuan.

Pengertian Jurnal Ilmiah
Berdasarkan pembahasan di atas dapat kita simpulkan, bahwa jurnal ilmiah merupakan sebuah sarana publikasi ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh institusi akademik atau organisasi profesi yang memuat pembahasan produk pemikiran ilmiah secara logis maupun secara empiris dalam bidang ilmu tertentu.
Biasanya hasil jurnal ilmiah dapat berupa hasil pengamatan empirik maupun kajian konseptual yang bersifat penemuan baru dan memiliki hubungan dalam pengembangan, penguatan konsep, dan prinsip, hukum, serta teori yang sudah ada. Panduan mengenai jurnal ilmiah akan kita bahas mulai dari struktur jurnal ilmiah.

Struktut Jurnal Ilmiah

1. Judul
Judul merupakan sebuah kalimat yang mewakili seluruh isi jurnal. Dalam pembuatan judul jurnal ilmiah Anda harus benar-benar meneliti isi dari keseluruhan jurnal agar dapat membuat judul yang jelas untuk memudahkan para pembaca mengetahui inti atau pembahasan pokok dari jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnal.

2. Abstrak
Bagian abstrak berfungsi untuk mencerna secara singkat isi dari jurnal yang dimaksud. Biasanya abstrak ditulis sebagai penjelas jurnal tanpa mengacu pada semua isi dari jurnal.

3. Pendahuluan
Bagian pendahuluan merupakan bab pertama dari isi jurnal ilmiah. Pada bagian ini biasanya berisi pernyataan dari kasus yang sedang diselidiki.

4. Bahan dan Metode
Bagian bahan dan metode berisi penjelasan tentang proses percobaan yang akan dilakukan. Dan perlu diperhatikan, informasi yang dijelaskan dalam bagian ini biasanya mencakup desain percobaan, peralatan yang digunakan, penggunaan metode pengumpulan data, gambaran lokasi, dan jenis pengendalian.

Pembahasan mengenai struktur jurnal ilmiah selanjutnya.

5. Hasil

Dalam bagian hasil Anda dapat menyajikan data-data yang diringkas dengan tinjauan dalam bentuk teks, gambar, maupun tabel.

6. Pembahasan

Dari data-data yang sudah didapatkan dalam struktur-struktur sebelumnya, sudah waktunya bagi Anda untuk membahas materi keseluruhan secara detail pada bagian ini.

7. Kesimpulan

Bagian kesimpulan dalam jurnal ilmiah berisi penjelasan singkat yang merujuk kembali kepada pernyataan dalam bagian pendahuluan dari setiap data yang telah dijelaskan.

8. Daftar Pustaka

Bagian daftar pustaka jurnal ilmiah sama seperti daftar pustaka pada umumnya yang berisi kumpulan dari nama-nama literatur yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan jurnal ilmiah.

Nah, jadi itulah dia sekilas penjelasan mengenai jurnal ilmiah yang telah kami rangkum dalam pembahasan artikel kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat untuk Anda, Apa bila ada saran dan masukan mengenai panduan mengenai jurnal ilmiah silahkan tinggalkan komentar nya ya. terima kasih.